SIDERA ICO YANG BAIK
ICO adalah Initial Coin Offering dan telah mengambil dunia crypto oleh badai. Ini mirip dengan IPO, tetapi eksklusif untuk cryptoverse.
Banyak perusahaan baru yang menggunakan OPT sebagai sarana untuk mengumpulkan dana guna menghidupkan proyek mereka. Ini bisa apa saja dari mempekerjakan anggota tim baru untuk memiliki anggaran yang lebih besar untuk penelitian dan pengembangan.
Ketika memutuskan apakah akan berinvestasi dalam ICO, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Sepanjang artikel ini, saya akan menggali lebih dalam faktor-faktor tersebut.
Saya juga akan mempublikasikan artikel di minggu depan, menjelajahi mengapa influencer menilai proyek secara berbeda, apa yang mereka dapatkan darinya dan kapan Anda juga dapat memperolehnya.
Bagaimana menilai ICO
Ini adalah komponen utama yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan apakah Anda akan berpisah dengan uang hasil jerih payah Anda!
- Tim:
“Di belakang setiap pria hebat adalah wanita yang hebat ..” - pepatah yang sudah biasa kita dengar selama bertahun-tahun, dan penuh dengan kebenaran!
Dengan ide atau proyek apa pun, analogi ini persis sama; sangat tidak mungkin Anda akan memiliki proyek / ICO yang sukses jika tim di belakangnya tidak bagus.
Memutuskan apakah suatu tim itu hebat atau tidak, adalah pandangan yang subyektif, tetapi di sini ada beberapa petunjuk untuk membantu membuatnya lebih objektif:
- Apakah anggota tim memiliki pengalaman nyata sebelumnya yang relevan dengan proyek? Yaitu jika ICO yang USP adalah analitik data di Blockchain, apakah CTO (Chief Technical Officer) atau COO (Chief Operating Officer) memiliki pengalaman bekerja untuk perusahaan terkenal sebagai analis data, atau jika mereka membangun memiliki Blockchain sendiri, apakah mereka memiliki cukup pengembang?
- Apakah tim memiliki keseimbangan yang baik?
Saya telah melihat beberapa tim yang memiliki banyak pengalaman dalam dunia perusahaan dan telah bekerja untuk perusahaan seperti IBM; Mercedes; KPMG; tetapi mereka meluncurkan protokol mereka sendiri dan hanya memiliki satu pengembang. Kemungkinan bahwa mereka akan dapat meluncurkan produk mereka sangat tidak mungkin.
Sisi lain dari koin adalah bahwa Anda dapat memiliki tim yang sangat muda, segar dari universitas dengan banyak ide tetapi tidak siap untuk industri. Apakah Anda menghapus ICO ini? Tentu saja tidak!
Kegembiraan pemuda itu mentah dan liar, dan dengan penasehat yang tepat (bimbingan) mereka mungkin hanya menjadi Ethereum berikutnya!
- Ide
Tim-tim hebat cenderung berada di belakang ide-ide hebat, jadi jika Anda telah meneliti tim dan mereka solid, yakinlah, gagasannya akan solid juga.
Dalam sebagian besar kasus, kami melihat ide sebelum kami melihat tim. Sementara ICO yang paling mapan memiliki tim pemasaran yang dapat menjual es ke eskimo, Anda harus dapat menyeberang jalan melalui terminologi mewah (BS!) Dan mendapatkan dan memahami apa yang sebenarnya dilakukan proyek. Jika melakukan salah satu hal berikut, maka Anda dapat melakukan sesuatu:
· Apakah ini memecahkan masalah asli?
· Apakah itu membutuhkan Blockchain?
· Apakah ini akan benar-benar menghentikan otoritas terpusat?
· Apakah itu inovatif?
· Apa potensi gagasannya?
· Apakah ada ICO seperti ini di dalam ruang?
· Jika ya di atas, maka: apa bedanya dengan ICO itu? Apakah itu memiliki fitur yang ditingkatkan? Atau itu hanya ide salin & tempel?
Semakin banyak jumlah jawaban ya yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan proyek akan berhasil (dalam jangka pendek setidaknya).
- MVP
Jumlah ICO yang dirilis setiap minggu gila, dan tentu saja tidak ada cukup waktu bagi Anda untuk melewati masing-masing (kecuali jika Anda memiliki tim yang sangat besar bekerja dengan Anda). Oleh karena itu, cara lain yang dapat membantu mengidentifikasi ICO dengan potensi yang baik adalah jika memiliki produk yang layak minimum, sebuah MVP.
Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan istilah ini, MVP adalah produk dengan fitur yang cukup untuk memuaskan investor awal, dan memberikan umpan balik untuk pengembangan di masa depan.
Dengan pemikiran ini, jauh lebih mungkin bahwa tim dengan MVP dapat mencapai tonggak pada peta jalan mereka lebih cepat dan dengan demikian meluncurkan produk yang berfungsi penuh lebih cepat. Ini pada gilirannya berarti token asli ke platform itu akan digunakan dan harga akan naik berdasarkan permintaan yang sebenarnya, bukan hype atau manipulasi oleh paus.
Tidak selalu kasus bahwa hanya proyek dengan MVP yang ternyata menguntungkan. Mereka yang memiliki komunitas yang solid atau mitra yang sudah mapan juga dapat memiliki efek yang diinginkan yang sama {kami akan kembali lagi nanti di artikel}.
- Token Metrik
Sementara masing-masing faktor ini memiliki kepentingan yang sama, mereka dalam rangka alasan (ada metode untuk kegilaan saya); kami mulai dengan bagian yang paling subyektif dan bekerja dengan cara kami ke bagian yang paling obyektif.
Menjadi seorang matematikawan dengan perdagangan, ini adalah bagian yang paling saya sukai untuk meneliti dan melihat apakah sebuah proyek bernilai investasi murni melalui angka-angka.
Seperti halnya proyek apa pun dalam ruang ini, desentralisasi juga harus terjadi dengan memiliki banyak investor dan pendukung yang berbeda yang memegang sebagian besar token.
Seiring berjalannya waktu di ruang ini, metrik token kepada investor standar menjadi sedikit menarik untuk dikatakan!
Dengan proyek sebelumnya hanya ada 3 putaran utama: Putaran benih, penjualan pribadi / pra-ICO dan kemudian ICO, di mana persentase bonus konsisten untuk setiap putaran. Sayangnya ini tidak lagi terjadi, dengan banyak ICO memilih untuk pergi untuk struktur penggalangan dana yang lebih kompleks untuk memaksimalkan dana yang dikumpulkan dan meminimalkan bonus yang diberikan.
Sekarang ada setidaknya 4 tahapan yang berbeda, dan dalam setiap tahap, ada bonus tergantung pada jumlah yang akan diinvestasikan.
Hal ini membuat sangat sulit untuk mencari bonus untuk setiap putaran penggalangan dana dan meningkatkan kemungkinan 'Pump and Dump' dari kontributor awal segera setelah token dilepaskan ke pertukaran.
Secara umum, ketika menganalisis metrik token, ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan:
- Berapa harga tokennya?
- Berapa persentase token yang dijual?
- Apa batas kerasnya, dan apakah ini sejalan dengan proyek serupa?
- Bonus apa yang diberikan dalam ronde sebelumnya?
- Apakah token bonus dari putaran sebelumnya terkunci? (untuk menghindari pompa dan pembuangan).
- Berapa banyak token yang ada untuk tim?
- Berapa lama token tim dikunci?
- Jika topi keras tidak terpenuhi, akankah mereka masih membagi modal yang dinaikkan dalam rasio yang sama?
- Akankah token memiliki penggunaan aktual dalam platform / proyek?
- Apakah pemisahan dana yang dihimpun masuk akal, mis. Jika proyek berada pada pengujian alfa / beta dan mereka mengklaim bahwa 30% akan menjadi R & D maka kemungkinan besar mereka memiliki MVP terbaik dan akan membutuhkan dana dalam jumlah besar untuk lebih lanjut mengembangkan MVP mereka ke tahap alpha / beta.
Jika saya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan jumlahnya bertambah, maka ada peluang bagus bahwa saya akan berpisah dengan uang hasil jerih payah saya untuk berinvestasi. (Bagian 1–3 yang diberikan juga padat).
Faktor lain:
- Masyarakat
Sebuah komunitas besar tidak selalu berarti investasi yang luar biasa, ada proyek dengan lebih dari 30 ribu anggota di saluran Telegram mereka, yang sebagian besar telah mendengar proyek yang disebutkan oleh influencer dan berbondong-bondong untuk melihat bagaimana mereka dapat menghasilkan jutaan tanpa melakukan due diligence mereka.
Karena itu, jika sebuah komunitas secara organik tumbuh dan tidak membutuhkan pemasaran yang berat; iklan atau shilling dari influencer, dari sejumlah besar adalah angka yang bagus.
Tidak semua proyek sukses memiliki komunitas besar di panggung ICO. Ada beberapa ICO dalam mode siluman, yang sangat bergantung pada kontributor awal dan orang percaya sejati dalam proyek, daripada mereka yang mencari flip cepat.
- Kompetisi
Dengan lebih dari 5 Miliar USD yang dibangkitkan pada 2018 melalui ICO, banyak orang melihat ini sebagai skema 'cepat kaya' dan meluncurkan ICO yang sangat mirip dengan proyek yang didirikan yang tokennya telah naik setidaknya 100 kali nilainya.
Jika sebuah proyek adalah salin atau sangat mirip tanpa perbedaan yang jelas untuk proyek yang berbeda / lebih mapan, berhati-hatilah!
Jika sebuah proyek tidak memiliki persaingan serius, lebih perhatikan dan lakukan uji tuntas Anda.
- Jenis Proyek
Ada banyak jenis proyek mulai dari mereka yang ingin membangun Dapp di atas Blockchain, untuk mereka yang ingin membangun Blockchain sendiri.
Anggap saja seperti ini: apakah Anda lebih suka berinvestasi di app store itu sendiri, atau salah satu aplikasi di dalam toko itu? Tentu saja toko aplikasi!
Itulah mengapa ini adalah investasi yang lebih cerdas untuk melihat proyek yang membangun infrastruktur (Blockchain, Protocol, DAO) sebagai lawan dari sebuah aplikasi.
Juga, beberapa Blockchains yang mapan memiliki beberapa masalah seperti penskalaan, keamanan, dll. Ini juga akan menjadi investasi cerdas karena mereka memecahkan masalah 'sekarang'.
- Kemitraan
Proyek-proyek yang memiliki kemitraan genuin dengan perusahaan mapan / cryptocurrency lebih mungkin untuk menjadi sukses karena banyak komunitas akan mengadopsi proyek ini dan berinvestasi di dalamnya, karena mereka percaya pada perusahaan yang telah memilih untuk bermitra dengan ICO tertentu. Ini bisa karena hype (lihat di bawah) atau kemitraan tertentu yang menyebabkan pelarian harga dan penggunaan token khusus tersebut.
- Hype
Setiap sekarang dan lagi datang bersama proyek, yang mengambil cryptoverse oleh badai. Alasan utama adalah paparan proyek yang menyebar luas oleh influencer yang berbeda; proyek ini memecahkan masalah yang sebenarnya dan orang-orang percaya bahwa itu akan membawa mereka “ke bulan”.
Memang benar bahwa proyek-proyek hyped benar-benar baik ketika token mencapai nilai tukar dan memberi banyak investor awal pengembalian yang baik, hal yang sama tidak selalu dapat dikatakan bagi mereka yang berinvestasi selama penjualan keramaian, atau membeli begitu token dirilis ke bertukar.
Oleh karena itu, Hype selalu baik jika Anda masuk lebih awal, karena dengan bonus Anda kemungkinan besar akan menghasilkan keuntungan yang besar. Selain itu, banyak influencer seperti gembala; menggerakkan massa untuk percaya bahwa proyek tertentu akan mengguncang ruang dan mereka akan gila untuk tidak ketinggalan, menyebabkan token menjadi lebih berharga segera setelah dirilis di bursa karena pengikut mereka telah meningkatkan level FOMO (takut akan kehilangan).
Ringkasan
Saya harap artikel ini telah memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang seberapa banyak waktu dan usaha yang diperlukan untuk menganalisis potensi sebenarnya dari ICO, dan bahwa ketika Anda menginvestasikan uang hasil kerja keras Anda, Anda harus lebih berhati-hati dan tidak masuk ke dalam geng. ho karena orang-orang / influencer yang Anda ikuti di YouTube dan di sekitar media sosial mengatakan ini adalah proyek luar biasa atau memberikan peringkat yang sangat tinggi.
Solusinya adalah dengan membuat struktur penilaian Anda sendiri; itu bisa berupa persentase, total dari 10, atau hanya daftar pro dan kontra dari setiap proyek. DOR (lakukan penelitian Anda sendiri) dan investasikan dengan risiko Anda sendiri!
Uang ada untuk dibuat, tetapi hanya untuk mereka yang bekerja keras dan melakukan uji tuntas yang benar (atau kadang-kadang hanya sangat beruntung!).
UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT, KUNJUNGI LINK DIBAWAH INI:
Situs web: https://sidera.io/
Telegram: https://t.me/sideraofficial
Twitter: https://twitter.com/siderabc
Penulis - Andrianebi
Bitcointalk Profle Link: https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1925604
Komentar
Posting Komentar